Wednesday, 17 January 2018

Berat badan turun 35 kilogram



Gimana caranya berat badan turun samde 35 kilogram ?
Dietnya gimana ? 
Lalu olahraga apa aja ?

Nah ini topik yang paling banyak di request untuk dibahas di blog aku, yaitu gimana caranya aku nurunin berat badan. Aku inget banget ketika nimbang berat badan di rumah sakit ketika aku bersiap-siap untuk proses lahiran, itu berat badan ku di angka 90 kilogram. Which is udah mendekati angka 1 kuintal. Yang ada dalam pikiran aku dulu adalah, apa bedanya aku sama sapi potong. Berat sapi potong rata-rata 1 kuintal hahaa ... sedihhh sihhhh. Tapi ya gimana gak besar, porsi makan aku emang gila-gilaan. Fyi nih ya, aku bisa menghabiskan 2 mangkok bubur ayam PR. Kalo kalian orang bandung pasti tau bubur PR yang terkenal ini. Lalu dalam sehari aku bisa makan 4 butir telur. Jadi no wonder yah aku bisa naik sampai 30 kilogram.

Berat normal aku adalah 60 kilogram. Setelah bayi lahir, beratku menjadi 85 kilogram. Artinya aku harus bisa nurunin 25 kilogram agar bisa kembali normal ke 60 kilo. Nah jadi apa yang aku lakuin untuk bisa nurunin berat badan ?

Hal pertama yang aku lakuin adalah ikut senam yang pada saat itu diadakan di salon deket rumah. Aku ikut kelas senam aerobic,  zumba dan kelas bally dance 5 kali seminggu. Iya, aku olahraga 5 kali seminggu biar cepet turun berat badan nya, serta diimbangi diet. Dietnya kayak gimana ? Karena pada saat olaharaga aku masih menyusui, jadi diet yang aku lakukan hanya sebatas mengurangi porsi makan. Jadi menu tetap sama, hanya porsinya lebih sediki. Memang progress nya lambat, karena aku masih makan karbohidrat yaitu nasi. Tapi karena kondisinya aku masih menyusui jadi aku gak punya pilihan. Karena aku tetap butuh asupan karbohidrat selama menyusui. Setidaknya itu yang ada dalam pikiran aku dulu. Selama 8 bulan aku olahraga seminggu 5 kali dan diet ngurangin porsi makan, aku berhasil nurunin 8 kilo. Which is dalam sebulan aku turun 1 kilogram.

Barulah setelah aku beres menyusui, aku mulai diet ketat. Diet ketat nya seperti apa ? Jadi aku menghilangkan semua jenis karbohidrat di menu makananku. Baik itu nasi, kentang, mie, kue, roti atau makanan yang terbuat atau mengandung tepung. Olahraga yang aku lakukanpun berbeda dari sebelumnya, yaitu kelas TRX. TRX adalah olahraga yang menggunakan tali sebagai alat bantu untuk bergerak dan bekerja dan menjadikan berat tubuh sebagai beban. Dengan diet ketat yang aku jalani dan olahraga 5 kali seminggu, yaitu TRX 3 kali dan zumba 2 kali, aku berhasil kembali ke berat badan aku semula yaitu 60 kilogram.

Tapi namanya juga manusia ya. Masih belum puas dengan kembali ke berat semula. Aku pengen lebih kurus lagi. Karena memang dari kecil badan aku selalu berisi, gak pernah ngerasain yang namanya kurus. Kalo liat acara Victoria Secret Fashion Show selalu mupeng liat badan model-model itu. Tapi menurut aku kayaknya semua perempuan pengen punya badan kece. Dan aku dari kecil selalu kagum ngeliat ibu-ibu yang udah punya anak 2 tapi badannya bagus dan aku selalu bilang sama diri sendiri kalo nanti aku bakal kayak mereka.

Akhirnya di tahun 2017 kemarin aku bertekad mau nurunin 5 kilo lagi. Berarti target aku adalah di 55 kilogram. Salah satu diet yang aku lakuin adalah ikut katering diet di Deliciaux Catering. Jadi setiap harinya mereka ngirim makan siang dan makan malam untuk aku. Untuk pagi, aku memang terbiasa tidak sarapan dipagi hari. Paling hanya kopi saja. Jadi selama 5 hari aku hanya mengkonsumsi makan siang dan makan malam dari Deliciaux Catering.  Alhasil selama 5 hari aku berhasil turun 2 kilo. Menu yang mereka kasih di dominasi dengan sayur dan protein. Karbohidrat pun dikasih, tetapi hanya sekali sehari di salah satu menu makan siang atau makan malamnya. Untuk rasa menurut aku tergolong enak banget buat menu diet. Karena biasanya menu diet itu hambar. Tapi ini enak dan gurih.

Walaupun aku sudah turun 2 kilo karena ikut catering diet, tapi aku belom mencapai target yaitu 55 kilogram. Akhirnya aku melakukan diet terakhir yang lumayan berat. Kayaknya ini diet terberat aku deh. Tapi emang cepet banget turunnya. Ingat pepatah ? Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Nah ini aku kasih contoh menu diet terberat aku ya.


contoh menu diet :

Sarapan : 1 buah pisang sunpride
Makan siang : ayam goreng dan sayur lodeh  ( aku pilih sayur berkuah karena bikin cepet kenyang )
Makan malam : jus mangga+pisang
Siapin 2 botol mineral water merek apa aja ukuran 1 liter. Dalam sehari harus habis 2 botol air mineral ini.

Intinya sarapan cuma boleh buah ( bebas apa aja ), makan siang hanya boleh protein dan sayur ( bebas apa aja protein nya, boleh steak, ayam atau seafood ), makan malam buah ( bebas mau buah apa ). Jadi no karbo sama sekali dan ga boleh gula juga. Jadi minum teh manis gitu gak boleh ya.
Kemaren aku turun 3 kilo seminggu karena disiplin ngikutin pola diet ini. Sekarang berat badan aku 52 kilogram. Which is melebihi target aku yaitu 55 kilogram.
Berat emang diet ini, tapi worth it banget. Tapi memang buat kalian yang baru memulai diet, aku ga saranin langsung cobain diet ini. Karena pasti akan berat banget. Aku anjurin perlahan-lahan dulu. Ikutin aja pola diet aku dari awal yaitu ngurangin porsi makan terlebih dahulu. Baru kemudian mulai menghilangkan karbohidrat dari menu makanan. Nah terakhir kalo mampu cobain diet extreme aku ini. Intinya jangan memaksakan diri untuk diet kalo ujung-ujungnya kalian malah jadi sakit. Apalagi yang punya penyakit magh dan asam lambung. Lebih baik coba untuk ngurangin porsi makan dulu.

Dan yang paling penting dari semua ini adalah OLAHRAGA. Karena menurut aku diet apapun itu kalo kalian gak olahraga ya sama aja bohong. Jadi diet dan olahraga merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Olahraga nya bebas sesuai yang kalian suka aja, yang penting keringetan. Diet juga gak harus ngikutin aku. Diet apapun itu bisan asalkan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Mau kurus tapi males olaharaga ? Yaudah jangan mimpi mau kurus kalo gitu.






2 comments:

  1. waaaa~ perjuangannya luwarbiyassssahhh
    diet paling sukses ku tuh sebenernya diet karbo. enggak makan nasi
    tapi orangtua suka khawatir dan malah jadi berantem. gimana ya cara ngomongnya?

    ReplyDelete
  2. Kak cinta keren banget! Paling keren sih bagian bisa ngajarin anak-anaknya buat ngakuin salah dan minta maaf :')
    Dietnya berat yaa. Ku jadi ingin olahraga lagi deh soalnya udah ngerasa ga enak banget ini tubuh ga seperti dulu. Aku naik 4kg sih setelah operasi (dan ke thailand 2 bulan) 🤣

    Semoga tahun ini aku bisa rajin olahraga lagii. Jadi semangat sih baca inii

    ReplyDelete