Beberapa penyebab jerawat yang tidak banyak diketahui

Jerawat sudah menjadi permasalahn kulit yang hampir dialami semua orang.Kulit wajahku termasuk dalam kategori agce prone, sehingga gampang sekali berjerawat dan bekas jerawatnya susah hilang. Jerawat tidak hanya timbuL  di bagian wajah saja, tetapi dapat timbul di bagian tubuh lainnya seperti di bagian dada, punggung dan leher. Penyebab umumnya macam-macam, mulai dari hormon, alergi, kuman, kotoran yang mengendap akibat tidak maksimal membersihkan sisa make up, keturunan, makanan, merokok dan stress. Tapi hal tersebut adalah penyebab jerawat yang umum orang ketahui dan biasanya dokter kulitpun mengutarakan hal tersebut sebagai pemicu jerawat. Akan tetapi ada beberapa pemicu jerawat yang jarang dokter kulit ketahui dan sampaikan.  Berikut beberapa contoh nya



!. Sarung bantal yang kotor
 Mengganti sarung bantal secara rutin dan sering dapat menghindari timbulnya jerawat. Karena terkadang kita tidak tahu seberapa kotor sarung bantal kita yang mungkin dipakai bermain oleh anak kita, atau di injak oleh binatang peliharaan atau bahkan kotor akibat terjatuh ke lantai. Sehingga bisa memicu timbulnya jerawat.

2. Conditioner sebelum sabun mandi / cuci muka
  Conditioner diperuntukkan untuk rambut , bukan untuk bagian kulit tubuh lainnya. Tekstur conditioner yang lengket kalau terkena kulit, membuat conditioner yang dibilas dan mengenai kulit tubuh akan menempel. sehingga jika tidak di bersihkan dengan dengan sabun mandi dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi disarankan untuk menggunakan conditioner terlebih dahulu baru kemudian sabun mandi dan sabun pencuci muka.

3. Alat make up yang kotor dan make up yang kadaluarsa
Alat make up seperti brush dan beauty sponge yang kotor dapat memicu timbulnya jerawat, karena bakteri kotor yang menempel akibat tidak rajin di bersihkan. idealnya alat make up yang kita gunakan di bersihkan 2-3 minggu sekali menggunakan sabun khusus agar bersih maksimal. Bahkan jika ada alat make up yang tidak layak pakai, lebih baik di ganti dengan yang baru. Perhatikan juga expired date make up yang kita punya, karena make up pun ada masa berlakunya. Jangan sampai menggunakan make up yang sudah melewati masa expirednya dan malah bikin muka gatel-gatel dan jerawatan.

$. Poni rambut  yang kotor / penggunaan topi yang terlalu lama
  Poni rambut dan topi  kotor terkena debu dan keringat kemudian menempel pada  kulit wajah dapat memicu timbulnya jerawat karena bakteri yang menempel, khususnya area jidad.  Makanya aku menolak untuk memiliki poni dan menggunakan topi terlalu lama karena kulitku termasuk dalam kategori kulit yang gampang berminyak, sehingga akan gampang mengotori  poni atau topi dengan keringat berlebih yang akan memicu jerawat.

6. Konsumsi telur ayam berlebih
 Salah satu pemicu jerawat yang umunya diketahui berasal  dari makanan yang mengandung lemak tinggi.  Bahkan makanan yang mengandung tepung-tepungan juga salah satu pemicu jerawat.  Tapi yang aku paling rasain adalah ketika aku terlalu sering atau banyak mengkonsumsi telur menyebabkan timbulnya jerawat. Mungkin karena telur mengandung lemak yang lumayan tinggi, yaitu pada bagian kuning telurnya. Oleh karena itu jika aku mengkonsumsi telur hanya bagian putihnya saja.

7. Kurang tidur / begadang
Setiap kali aku kurang tidu karna begadang ngerjain kerjaan, pasti selalu timbul 1 atau 2 jerawat di wajah. Tapi kalau aku tidur cukup, jerawat hanya akana timbul ketika waktu pms atau ketika aku lupa membersihkan sisa-sisa make up. Jadi sekarang akau mengurangi untuk mengerjakan pekerjaan di malam hari agar menghindari begadang.

Aku rasa itu adalah beberapa pemicu jerawat yang tidak banyak di ketahui dan diperhatikan orang-orang. Karena aku sendiri yang mengalaminya dan mulai memperhatikan hal-hal diatas untuk meminimalisir timbulnya jerawat. Beberapa orang ditakdirkan untuk tidak berjerawat dan beberapa memang harus berjerawat, seperti aku. Jadi perawatannya memang harus ekstra.

Comments