Cara menghindari stress buat para ibu


Menjadi seorang ibu wajib punya "me time" untuk menghindari atau mengurangi rasa stress dan lelah ngurusin keperluan rumah tangga.  Jangan kira jadi ibu rumah tangga itu gampang ? Karena pada kenyataannya banyak banget yang harus diurus mulai dari mengatur keuangan rumah, ngurusin anak-anak ( termasuk jadi guru buat ngajarin mereka belajar ), ngurus keperluan suami. Intinya ibu harus bisa memastikan semua kebutuhan dan keperluan keluarga terpenuhi. 


Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki 2 anak laki-laki yang aktif dan kadang suka menguji kesabaran. Buat mommy diluar sana yang punya 2 anak atau lebih pasti tau banget gimana rasanya ngadepin anak-anak yang masih kecil-kecil. Adakalanya mereka tiba-tiba cranky dan marah-maah perkara wifi gak lancarlah, marah-marah karena lupa bawa buku pelajaran sampai berantem antara kakak dan adik cuma perkara rebutan game. Bayar tagihan ini itu, belanja sayur dan keperluan rumah, menghadiri rapat disekolah dan antar jemput anak sekoah. Belum lagi kadang mengalami yang namanya ditinggal pembantu pulang kampung, dan bikin pekerjaan aku sebagai ibu jadi lebih berat.

Bisa dibilang seorang ibu itu adalah full time job karena memang harus selalu bisa diandalkan 24/7 untuk keluarga. Jadi wajar aja kadang aku suka merasa overwhelmed. Buat aku "me time' itu wajib hukumnya untuk aku, bahkan untuk para ibu diluar sana. Jadi untuk para suami tolong ya dukung kegiatan isitri untuk "me time".

1. Yoga              
       




  Yoga adalah kegiatan favorite aku untuk berolahraga karena bisa bikin aku relaks dan tenang sesudahnya. Yoga adalah aktifitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan. Aktifitas ini membantu mendetoksifikasii pikiran dan energi negatif serta meningkatkan kualitas mental dan fisik. oga melatih fleksibility tubuh dan bikin otot-otot menjadi semakin kencang, khususnya otot bagian perut. Biasanya aku melakukan yoga ketika anak-anak sekolah dan suami sudah pergi kerja. Dengan kata lain kegiatan yoga ini tidak menggangu tugas utamaku sebagai istri dan ibu.

2. Take a long bath

                                                 
Mandi biasanya bikin otak segar dan relaks. Karena biasanya kalo udah mandi bikin kita merasa lebih cantik dari sebelumnya. Ya gimana gak ngerasa lebih cantik, sebebul mandi badan pasti kucel,bau dan keringatan. Belom lagi rambut yang udah lepek minyakan. Setelah mandi badan jadi wangi,bersih dan rambut  jadi cantik lagi. Jadi membawa energi positif ke diri sendiri. Kegiatan mandi sambil nyalain scented candle dengan wanginya yang bikin tenang dan relaks, boleh sambil dengerin musik juga. Karena aku pribadi kalo mandi selalu sambil dengerin musik. Bikin kegiatan mandi gak membosankan aja gitu karena bisa sambil nyanyi juag hehe.
 Apalagi buat yang punya bath tub sendiri dirumah nya. Bisa lebih seru menggunakan bath bomb untuk berendam. Wanginya bikin relaks dan bagus untuk kulit. My favorite bath bomb adalah dari Lush yang Intergalactic. Suka aja gitu liat warna air berubah menjadi biru. 
  
3. Tidur Siang
   Biasanya siang hari kan keadaan rumah tenang. Maksud aku tenang adalah saat anak-anak sekolah dan suami bekerja, jadi bebas tugas untuk ngurusin mereka dulu. Jadi aku meanfaatkan waktu ini untuk tidur siang di sela-sela kesibukan lainnya. Istirahat yang cukup itu penting banget, untuk mengurangi cranky gak jelas akibat kelelahan. Tidur selama 1 atau 2 jam saja sudah cukup. Jangan sampe kebablasan karena kan mau jemput anak pulang sekolah.


4. Berkumpul bersama teman terdekat
    Jujur kalo aku lagi bad mood, obat paling ampuh adalah ketemu temen-temen aku. Untungnya sahabat-sahabat terdekatku adalah tetanggaku juga. Jadi rumah kita emang satu komplek hanya beda tatar saja. Jadi kalo sewaktu-waktu merasa bosan, bisa langsung kerumah mereka. Alhamdulillah-nya semua teman-temanku memang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Jadi kita bisa saling sharing dan tukar pikiran tentang kehidupan. Biasanya sharing ibu-ibu itu seputar anak, kebutuhan dalam rumah tangga, gosip sampai sex life loh. Seru banget deh kalo udah kumpul. Tapi of course aku cuma cerita ke teman-teman terdekat saja. Dan pasti nya mereka sudah berumah tangga juga, jadi saling mengerti satu sama lain dan bisa memberi masukan juga. Bahkan kadang suka cerita kalo lagi sebel sama suami. Tapi kita sama-sama tau ya namanya juga rumah tangga pasti kadang ada yang gak enak nya. Tapi pada akhirnya mereka ngasih masukan yang baik bahkan kadang masukan yang konyol dan bikin ketawa.  karena pada akhirnya mereka akan mensupport dan menghibur kita.



0 Comments:

Post a Comment